Cara sambung pucuk mangga dengan mudah

Diposkan oleh Matsay farm on Wednesday, April 10, 2019


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
 Jumpa lagi dengan postingan kami yang baru ,oke kali ini kami akan memberitahukan tentnag cara     sambung pucuk mangga dengan mudah bagi pemula maupun yang sudah terbiasa, langsung saja ke   alat dan bahan yang dipakai,

Alat dan bahan 

1.Pisau dan plastik interest


 Pisau untuk membelah bagian bawah yang nanti akan dibelah ,dan plastik interestnya berguna untuk mengikat pada bagian yang dijadikan sambung pucuk nanti.

2. Batang entres 



Untuk batang entresnya sendiri kami menggunakan batang yang ujungnya terlihat agak bulat dan menonjol keluar ,itu adalah calon tunas jadi usahakan cari yang seperti digambar ,agar cepat tumbuh tunas barunya.

3.Pemilihan batang bawah 

Untuk batang bawah usahakan cari yang daunnya sudah tua agar tidak terlalu banyak getahnya ,getahnya dapat menyebabkan kegagalan pada sambung pucuk jika terlalu banyak.

Tutorial 

1.Ambil batang yang akan digunakan sebagai bawahan lalu potong tepat diatas daun atau sisakan daun pada bagian bawahnya dan di belah pada bagian tengahnya ,seperti digambar.gunanya jika sambung pucuknya gagal jadi batang bawahnya masih hidup dan bisa digunakan untuk sambung pucuk pada lain hari.



2.Selanjutnya adalah kupas kedua sisi dari batang entresnya (seperti digambar) ,lalu rapikan 
bentuk runcing dan pipih ,untuk pilihan entres usahakan cari yang ukuran batangya agak besar dari batang bawahnya, lalu masukkan ke belahan batang bawahnya ,rapikan dan sejajarkan kedua sisinya
3.Tahap selanjutnya ,ambil plastik interest dan ikat dengan kuat pada bagian yang disambung, pastikan ikatannya kuat dan rapat jangan sampai ada celah, dan selanjutnya ikat sampai atas dan lebarkan bagian plastik untuk metutupi bagian atas yang akan menjadi calon tunas ,atau bisa ditutup dengan plastik lain yang trasparan, dan letakkan pada tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung ,atau juga bisa menggunakan paranet ,atau dibawah pohon besar .



Jika dirasa kurang jelas ,teman-teman bisa liat langsung video di bawah ini atau bisa cek langsung ke channel kami di https://www.youtube.com/channel/UCJQgxCedVTb-ApN_KS_zZgA?






Akhir kata terima kasih ,selamat mencoba dirumah dan jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman ,sampai jumpa pada postingan dan video kami selanjutnya.


wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
















{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment