Cara cangkok susu pada mangga dengan mudah dan simple

Diposkan oleh Matsay farm on Tuesday, April 9, 2019



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hello ,pada postingan kali ini kami akan sedikit menjelaskan tentang cara cangkok pada tanaman susu dengan mudah dan simple bagi pemula yang ingin mencoba belajar tentang salah satu jenis cangkok tipe lain seperti cangkok susu ini .untuk mempersingkat langsung saja ke alat dan bahan dengan sedikit penjelasan .

Alat Dan Bahan

1.Cocopeat 
  
 Ketika bercocok tanam, tak hanya tanah yang bisa diandalkan sebagai media tanam. Masih ada media tanam lain, cocopeat salah satunya. Media tanam organik  ini memiliki kualitas tak kalah dengan tanah. Cocopeat adalah media tanam yang dibuat dari sabut kelapa. Oleh karena itu, paling mudah ditemukan di negara-negara tropis dan kepulauan, seperti Indonesia. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakannya. Baik untuk digunakan bersama tanah, atau berdiri sendiri. Cocopeat juga banyak dipilih sebagai pengganti tanah. Cocopeat memiliki sifat mudah menyerap dan menyimpan air. Ia juga memiliki pori-pori, yang memudahkan pertukaran udara, dan masuknya sinar matahari. Kandungan Trichoderma molds-nya, sejenis enzim dari jamur, dapat mengurangi penyakit dalam tanah. Dengan demikian, cocopeat dapat menjaga tanah tetap gembur dan subur. Meski disebut-sebut sebagai media tanam alternatif berkualitas sebaik tanah, namun unsur hara yang ada di tanah, tidak ada padanya. Oleh karena itu, cocopeat memerlukan tambahan pupuk sebagai penyubur. Tak perlu repot mencari sabut kelapa untuk dijadikan cocopeat. Banyak produsen menjual cocopeat dalam bentuk siap guna. Bahkan ada pula yang menyediakan dalam bentuk padat (briket). Tinggal tambahkan air,  cocopeat pun siap pakai. Dan paling cocok untuk kegiatan cangkok sebagai pengganti tanah karena tidak cepat kering dan menyerap air .

2.Batang mangga yang masih kecil atau hasil semaian


  Jika kita ingin mencangkok susu maka ada yang sedikit berbeda ,yakni kita menggunakan akar tambahan yang nantinya akan diletakkan didalam bungkusan cocopeat ,untuk ukuran mangga yang jadikan akar tambahan dapat disesuaikan dengan ukuran batang sang indukan yang akan dicangkok, untuk ukuran kali ini kami menggunakan kira-kira sebesar ukuran batang pensil.

3.Lakban, Tali rafia ,Pisau Stanles, Plastik Interest,  Plastik trasparan 


Lakban berguna untuk merekatkan plastik transparan pada kedua sisinya ,yang nantinya akan digunakan untuk mengisi cocopeat. 
Tali rafia berguna untuk mengikat pada bagian atas, tengah, dan bawah pada plastik transparan yang telah diisi cocopeat.
Pisau Stanles untuk mengupas kulit pada mangga yang akan dicangkok 
Plastik Transparan plastik ini berguna untuk membungkus cocopeat ,untuk jenis plastik ini dapat menggukan plastik pembungkus krupuk ,dan usahakan cari yang transparan agar mudah melihat akarnya.

Tutorial 

1.Tahap pertama adalah mengupas secara melingkar untuk memutus nuntrisi, kurang lebih sekitar 5cm, dan dikuliti sampai kering sampai kambium itu hilang ,Kambium adalah lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah dan bertanggung jawab atas pertumbuhan sekunder tumbuhan. Kambium ditemukan pada batang dan akar.


2.Selanjutnya sayat pada bagian batang yang akan ditempel dengan akar bantu, jika kita menggunakan 3 akar maka bagian yang disayat haruslah 3 ,karena akan ditempel pada tempat yang berbeda ,lalu ikat pada bagian yang disayat dengan plastik entres.

3.Selanjutnya adalah pemasangan akar bantu yang sudah di potong miring pada bagian sisinya, lalu ditempelkan pada batang mangga yang sudah kita sayat tadi dan usahakan menempel dengan sempurna jangan sampai ada rongga ataupun celah ,dan ikat dengan kuat, selanjutnya ulangi proses  ini untuk akar yang lain dengan cara yang sama.

4.Selanjutnya setelah terpasang semua akar bantunya ,ikat ulang dengan kuat dan pastikan tidak ada celah/rongga.


5.Selanjutnya pemasangan lakban untuk menambah daya rekat agar menempel dengan sempurna.


6.Tahap selanjutnya adalah pemasangan lakban pada plastik transparan ,yang direkatkan pada kedua sisi plastik, lalu diikat bagian bawah menggunakan tali rafia dengan kuat, lalu isi dengan cocopeat sampai penuh dan ditekan-tekan agar padat dan tidak ada celah.




7.Tahap akhir ambil tali rafia dan ikat bagian atas dan tengah dengan kuat ,seperti pada gambar dibawah ini ,dan selamat mencoba.

jika dirasa kurang jelas anda juga bisa melihat melalui video dibawah ini atau bisa langsung kunjungi channel kami di matsay farm.




Akhir kata terima kasih ,selamat mencoba dirumah dan jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman ,sampai jumpa pada postingan dan video kami selanjutnya.


wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.






    

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment